Sabtu, 21 Oktober 2023

Cerita Lolos PembaTIK Level 4 dan Perjalanan Karir Sebagai Pendidik

Assalamualaikum wr wb... Salam bahagia untuk Bapak dan Ibu Guru Hebat. 
Maa syaa Allah tabarakallah... Alhamdulillah sampai detik ini masih diberikan nikmat sehat lahir dan batin dari Allah SWT. Untuk mengawali cerita hari ini saya akan menceritakan sedikit mengenai latar belakang saya sekarang. Alhamdulillah atas izin Allah SWT saya merupakan seorang guru PPPK yang bertugas di SD Negeri 13 Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Saya mengawali karir saya sebagai guru pada tahun 2013 sebagai guru SM3T (Sarjana Mendidik di daerah 3T)yang bertugas selama setahun di SMP 7 SATAP Kecamatan Tamako, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Setelah masa pengabdian, saya mendapatkan beasiswa PPG Prajabatan di Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014. Pada tahun 2015 saya merupakan Guru Kontrak Daerah Kabupaten Ketapang bertugas di SD Negeri 11 Benua Kayong. Dan pada tahun 2021 hingga sekarang saya bertugas di SD Negeri 13 Kota Singkawang. Dalam rangka berupaya mengembangkan kompetensi profesional guru, saya mencoba mengikuti program PembaTIK tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Pusdatin BLPT Kemendikbudristek. PembaTIK yakni Pembelajaran Berbasis TIK. Program ini diadakan setiap tahunnya dan ternyata sudah dimulai pada tahun 2017, lho!. Tahun 2023 ini adalah tahun pertama saya mencoba mengenal dan mengikuti PembaTIK.
Tak kenal maka tak sayang, eaaaaaa. Awalnya saya pikir PembaTIK ini merupakan kegiatan membatik yang merupakan warisan budaya ciri khas Indonesia. Karena saya penasaran seperti apa kegiatan PembaTIK, saya mencoba mengenal lebih jauh tentang PembaTIK di sosial media. Langkah awal yang saya lakukan adalah memfollow semua akun pendidikan milik pemerintah dan saya menemukan laman khusus yang membahas tentang PembaTIK ini. Jadi bagi bapak/ibu yang penasaran dengan PembaTIK untuk mengetahui secara detail tahap dan alur pelaksanaannya dapat mengakses lamannya langsung klik disini

Pada dasarnya semua guru pasti mempunyai keinginan dan cita-cita yang sama. Yaitu dapat menciptakan kelas yang menyenangkan dan dapat menghadirkan sesuatu yang baru dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna. Pengalaman belajar yang membuat peserta didik dan guru sama-sama merasa happy dalam pelaksanaan proses pembelajaran di dalam kelas. Melihat antusiasme dan kegembiraan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di kelas pada saat kita bisa menghadirkan inovasi pembelajaran yang modern merupakan suatu hal yang membahagiakan bukan? Hal inilah yang mendasari saya untuk mencoba mengikuti PembaTIK ini agar saya termasuk guru yang selalu update teknologi dan tidak ketinggalan arus zaman. Tujuannya ialah agar mengenal dan memahami lebih dekat karakter peserta didik saya dan dapat masuk ke dalam dunia mereka. 
Tahap demi tahap pun sudah terlewati. Mulai dari level 1 : literasi yang diselenggarakan pada 18 - 28 juli 2023, level 2 : implementasi yang diselenggarakan pada 7 - 23 agustus 2023, level 3 : kreasi yang diselenggarakan pada 6 - 21 Desember 2023, dan hingga sekarang saya sudah berada di level 4 : berbagi dan berkolaborasi yang telah di mulai dari tanggal 6 hingga 25 Oktober 2023 mendatang. Sungguh saya sangat bersyukur sekali dan masih tak menyangka untuk bisa sampai pada level 4 ini. Hanya berawal dari rasa penasaran dan tergerak mencoba mendaftar saya niatkan untuk belajar dan mengupgrade ilmu. Alhamdulillah ternyata dengan niat baik Allah izin kan untuk berada di level 4 ini. Ibaratnya saya ini sudah terlanjur tercebur dalam parit atau sungai yang berisi banyak ikan. Karena sudah terlanjur basah ya sudah langsung mandi saja dan mari kita tangkap ikan sebanyak-banyaknya. wkwkkwkw 

Banyak sekali ilmu dan pengalaman berharga yang sudah saya dapatkan selama mengikuti program ini. Pelaksanaan program yang memiliki alur pembelajaran secara daring merupakan hal yang saya senangi dan memang dibutuhkan saat ini. Dengan metode LMS yang dapat diakses di google classroom dengan menggunakan akun belajar.id . Proses pembelajarannya dilaksanakan secara mandiri dan sangat fleksibel yang bisa kita akses kapan saja dan dimana saja. Namun untuk ketentuan tugas setiap akhir level mempunyai rentang waktu tertentu. Untuk itu ayo Bapak/Ibu guru yang belum pernah bergabung dengan kegiatan PembaTIK untuk bisa mengikuti ajang ini dan mempersiapkan diri tahun depan. Bagi sebagian orang mungkin pencapaian ini adalah hal biasa. 
Bagi sebagian orang lainnya, bisa jadi hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa. Bagi saya ini merupakan anugerah dan kesempatan berharga dari Allah untuk beribadah dan menuntut ilmu. Semoga dengan anugerah ini tetap menjadikan diri saya sebagai pribadi yang selalu bersyukur, tetap rendah hati dan tidak cepat merasa puas. Tetap melaksanakan tugas di level 4 ini dengan niat belajar dan berbagi, berusaha dengan segala kekuatan dan potensi yang ada, ikhtiar dan selalu tawakal dengan ketetapan Allah. Saya yakin dalam setiap langkah dalam menjalani kehidupan ini Allah selalu bersama saya. Saya memohon kepada Allah semoga saya diberikan kesehatan dan keselamatan. Bagi siapapun yang membaca tulisan ini tetap semangat dan semoga menginspirasi.

#PusdatinKemendikbudristek #BLPTKemendikbudristek #MerdekaBelajar #PembaTIK2023 #SahabatTeknologiKemendikbudristek #PlatformMerdekaMengajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar