Minggu, 15 Oktober 2023

ASYIK! GURU DAN SISWA SDN 13 SINGKAWANG MENDENGARKAN DONGENG SAMBIL MAKAN ES KRIM

 oleh : Asih Asundari, S.Pd.,Gr

kegiatan-mendongeng-sdn13singkawang.jpg

SDN 13 Singkawang mengundang pihak KADOSI (Kampung Dongeng Singkawang) untuk menghibur anak-anak dengan menampilkan dongeng dan games yang menarik ditengah-tengah lapangan sekolah, Kamis (18/12/2022).

Kegiatan tersebut bertepatan pada saat siswa melaksanakan classmeeting yaitu setelah ulangan akhir semester dilaksanakan. Hj. Ita Suriani, S.Pd.SD selaku kepala sekolah menyambut kedatangan pihak KADOSI dengan pelayanan terbaik dan sangat antusias. Beliau juga menyambut baik program ini sebagai bentuk kecintaan terhadap dunia literasi.

Berlangsungnya kegiatan kerjasama sekolah dengan mengundang pihak KADOSI ini merupakan salah satu program dari Perpustakaan SDN 13 Singkawang. Asih Asundari, S.Pd.,Gr selaku guru yang menjabat sebagai Kepala Pustakawan SDN 13 Singkawang sudah mencanangkan program ini sejak tahun 2021 dengan tujuan agar anak-anak dapat meningkatkan kecapakan literasi dan mendapatkan pengalaman belajar langsung yang lebih bermakna dan berbeda dari biasanya. 

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur sekali, di akhir tahun 2022 ini baru bisa terselenggara. Setidaknya selama saya menjabat sebagai kepala pustakawan SDN 13 Singkawang minimal ada suatu perubahan kecil yang saya hadirkan untuk anak-anak dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi baik itu minat baca, menulis, maupun berani untuk tampil bercerita atau berkisah seperti yang mereka lihat dari penampilan kakak-kakak dari KADOSI.” Imbuhnya.

Ia mengatakan dengan mengundang pihak luar seperti kegiatan mendongeng ini akan memberikan pengalaman nyata dan berharga kepada anak-anak sehingga harapannya bisa meninggalkan kesan yang menyenangkan, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna karena dikemas dan dihadirkan dengan sesuatu yang menarik dan diselingi dengan beberapa permainan maupun ice breaking.

Tidak hanya itu pihak KADOSI juga mendapatkan dukungan penuh dari beberapa sponsor di antaranya Es Krim Joy Day. Penampilan dongeng yang diprakarsai oleh Kak Ega dan teman-temannya juga disertai dengan adanya bagi-bagi es krim gratis kepada seluruh siswa dan guru SDN 13 Singkawang.

“Selain siswa yang terlihat sangat bersemangat, Kak Ega dan teman-teman berhasil membuat kami para guru SDN 13 Singkawang juga turut andil meramaikan kegiatan mendongeng ini dengan ikut serta turun ke lapangan mengikuti kegiatan senam dan joget bersama.” Tambah Asih.

Seperti yang diketahui sebelumnya Kak Ega merupakan Ketua Kampung Dongeng Singkawang, pendiri sekaligus sebagai pendongengnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar