Matematika :
Wahai para penghuni matematika semuanya apakah yang kalian lakukan didunia ini yang bisa kalian berikan kepada ilmu matematika yang terus berkembang beraneka ragam.
Matematika 1:
Aku sekarang hanya bisa bermain-main dengan kerikil yang mungkin bisa bermanfaat buat ilmu pengetahuan walaupun itu juga tidak tahu benar apa tidak.
Matematika:
Seberapa besar yang bisa kamu berikan kepada ilmu matematika, bolehkah saya mengetahuinya?
Matematika 1:
Ya semasa kecil aku berinspirasi jika aku menyusun kerikil dalam bentuk segitiga dengan jumlah kerikil yang berbeda namun beraturan nanti akan berbentuk suatu bilangan,
Misalnya: 1 =1
1 + 2 =3
1 + 2 +3=6
1 +2 + 3 + 4=10
1 + 2 + 3 + 4 + 5=15
Seperti ini matematika inilah yang bisa aku mainkan dengan menggunakan kerikil.
Matematika:
jadi apa yang bisa diambil dari permaian kamu itu matematika 1 dan bukannya itu sama saja tidak ada yang istimewa dari permainan tadi.
Matematika 1:
Ya sekilas tidak ada yang istimewa dari permainan tadi namun coba kamu perhatikan apa yang aku katakan kamu pahami dan cermati. Dengan menjumlahkan 2 angka yang besebelahan kamu akan menemukan hasil suatu bilangan yang dikuadratkan.
Misal : 1+3=4→ (2 )
3+6=9 → (3
6+10=16→ (4
10+15=25→ (5
Seperti ini matematika apakah kamu sudah bisa memahaminya?
Matematika :
Aku kurang tahu apa yang kamu maksud dari penjumlahan dari kerikil-kerikil tadi jadi aku harus bagaimana..
Matematika 1:
Baiklah matematika kalau kamu belum tahu apa yang aku bicarakan tadi coba kamu bertanya kepada sisi miring mungkin dia akan bisa menjelaskan apa yang saya berikan tadi.
Matematika :
Wahai sisi miring aku akan sedikit bertanya kepada kamu apa yang dimaksudkan oleh matematika 1 aku masih binggung jadi apa yang sebenarnya terjadi dari permainan matematika 1 tadi..
Sisi miring:
Apa yang aku berikan adalah bagian dari ilmu sendiri jadi baru sedikit yang aku punyai. Aku hanya sebuah sisi miring dari sebuah segitiga siku-siku. Yang mungkin kadang aku dilupakan tapi kadang aku juga digunakan Karena aku merupakan bagian dari sebuah segitiga
Matematika :
Jadi apa yang kamu akan berikan kepada ilmu matematika kalau jawaban kamu saja juga masih membinggungkan diri aku.
Sisi miring:
Aku sebenarnya suatu bilangan yang dikuadratkan bila kedua bilangan yang lain dijumlahkan dan dikuadratkan sehingga aku mendapat dukungan untuk memberikan ilmu yang aku miliki.
Matematika :
Apakah penjelasan dari kamu sudah bisa menjawab teka-teki dari permainan matematika 1?
Sisi miring:
Belum wahai matematika, kamu masih harus mengerti bagian-bagian aku yang lainnya seperti yang aku sebutkan tadi sebuah dukungan dari yang lain.
Matematika:
Jadi aku harus bertanya kepada siapa lagi wahai sisi miring..
Sisi miring :
Mungkin kamu bisa minta penjelasan kepada sisi tegak dan sisi mendatar dari sebuah segitiga.
Matematika :
Wahai para sisi tegak dan sisi mendatar apakah aku bisa mendapat penjelasan dari kalian terkait dengan permainan dari matematika 1.
Sisi tegak :
Mungkin aku juga merupakan bagian dari sebuah segitiga siku-siku yang seperti dikatakan oleh sisi miring tersebut. Aku merupakan sisi tegak dari sebuah segitiga tersebut namun aku juga ada pasangannya selain dari sisi miring tadi. Dia adalah sisi mendatar yang selalu mendukung aku.
Sisi mendatar:
Ya aku adalah bagian dari sebuah segitiga siku-siku yang seperti dikatakan oleh sisi miring dan sisi tegak tadi. Kalau salah satu dari kita tidak ada pasti harus dicari guna mendapatkan suatu ilmu yang bisa digunakan dalam bidang matematika itu sendiri. Semoga dari penjelasan kita tadi apakah matematka sudah mengerti apa yang dimaksud dari matematika 1 tadi terkait dengan permainan kerikilnya.
Pythagoras :
Jadi apa yang diberikan matematika 1 terkait dengan kerikil yang bisa dengan menjumlahkan 2 angka yang bersebelahan tadi yang hasilnya bisa suatu bilangan yang dikuadratkan dan yang dijelaskan oleh sisi miring, sisi tegak dan sisi mendatar dari sebuah segitiga mempunyai hasil atau makna yang sama. Wahai matematika kalau kamu sudah paham maka kamu akan mengetahui apa yang harus kamu berikan kepada ilmu pengetahuan sebaliknya jka kamu belum bisa memahami maka renungkanlah karena mereka semuanya adalah sama satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan baik dari segitiga tadi mupun dari permainan matematika 1 tadi yang nanti akan menemukan sebuah rumus yang bisa digunakan oleh matematika seluruh dunia ini.
oleh : Fithria Aisyah R
Published : Asih Asundari